MASALAH WANITA: Cara mengatasi Keputihan, Flour Albus, Lekore

Tanya Jawab Penyakit Keputihan

Keputihan sudah tahu kan terutama bagi wanita? Keputihan atau flour albus, lekore, leukorrhea adalah masalah penyakit wanita yang bisa ditemui kapan saja dan siapa saja. Cara mengatasi dan mencegah mutlak diketahui. berikut ini tips yang bisa dilakukan.

Tanya : Dok, saya sering mengalami keputihan, dan terkadang berbau, kadang tidak. Saat keputihan nyeri menusuk sampai pinggang. Normalkah apa yang saya alami ini Dok? Terima kasih.

0856 2551***

Jawaban Konsultasi kesehatan Wanita

Terima kasih atas pertanyan Ibu, …. .

Si putih o… si putih………kalau datang memang terkadang tidak mengenakkan . Terlebih lagi apabila sampai menimbulkan keluhan seperti yang dialami Ibu. Keputihan atau secara istilah kesehatan disebut fluor albus atau leukorrhea adalah keluarnya cairan kental dari liang senggama. Cairan kental tersebut dapat bervariasi dalam wujudnya (lembek atau mengarah cair), warna dan bau. Keputihan biasanya banyak dialami wanita usia produktif / subur. Tapi, tak menutup kemungkinan bisa terjadi pada anak-anak dan usia tua.

Apakah setiap cairan yang keluar dari liang senggama dikatakan penyakit? Terus kapan dikatakan keputihan normal ? Memang saat-saat tertentu vagina akan mengeluarkan cairan yang mutlak diperlukan guna membasahi dinding vagina agar selalu bersih. Cairan ini berasal dari saluran kelamin maupun dari dinding selaput lendir rahim. Fungsinya adalah sebagai pelumas saat berhubungan dan menjaga keasaman vagina sehingga bisa mencegah terjadinya infeksi.

Gejala fluor albus atau keputihan yang normal seperti di atas biasanya cairan jernih, tidak berwarna, tidak gatal dan jumlah cairan bisa sedikit atau sedang. Keluar cairan tersebut saat masa-masa sebelum haid, sesudah haid, pada pertengahan siklus atau pada saat ovulasi, serta saat mendapat rangsangan seks.

Cairan dikatakan abnormal atau keputihan patologis jika terjadi di luar masa-masa tersebut disertai perubahan warna, bau, dan keluar dengan jumlah yang agak berlebihan. dan biasanya ada rasa gatal atau panas, dan sakit saat buang air kecil atau saat berhubungan.

Kenapa bisa timbul, apa penyebab keputihan?

Penyebab utama fluor albus abnormal adalah infeksi daerah genital. Bisa infeksidi daerah vulva, vagina, mulut rahim, selaput lendir rahim, dan saluran telur. Infeksi ini bisa berwujud jamur, kuman, dan hewan bersel satu. Penyebab lainnya adalah kondisi tubuh yang menurun, perubahan hormon tubuh, dan masuknya benda asing.

Bagaimana pengobatan keputihan?

Tentunya sebelum pengobatan adalah diteggakkan dulu penyakit tersebut dan penyebabnya. Apakah jamur, bakteri, atau sebab yang lainnya. Dan segera konsultasikan ke dokter kandungan Anda. Jangan menundanya sampai parah, karena mengingat dampaknya, infeksi bisa naik ke saluran atas yang lebih berbahaya efeknya.

Patut juga diperhatikan kondisi umum tubuh, apakah ada faktor-faktor yang menyebabkan mudahnya terjadi infeksi. seperti adanya penyakit kencing manis atau diabetes yang tidak terkontrol kadar gulanya.

Pencegahan lebih baik dari pengobatan. Beberapa kiat yang bisa kita lakukan antara lain :
  • Dalam penggunaan pakaian dalam harus diperhatikan, yaitu yang bersih, tidak ketat, dan mudah menyerap keringat.
  • Seringlah berganti pembalut saat haid
  • Hindari menggunakan pembersih vagina. Jika tak sedang menderita keputihan, bersihkan vagina dan sekitarnya cukup dengan air bersih saja, tidak usah yang mengandung sabun / antiseptik . (Dikhawatirkan merusak kuman yang baik).
  • Berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan memeriksa kuman apa yang menginfeksinya dan meresepkan antibiotika atau anti jamur yang sesuai. Jangan malu jika tak mau terjadi bencana.
  • Yang utama dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan pribadi (personal hygiene), terutama organ reproduksi.

Semoga kita sehat selalu.

Dr. Fajar Rudy Qimindra (http://fajarqimi. com)
Dr Umum RS Pertamina Balikpapan

Sumber: konsultasikesehatan.net dan Kaltim Post, Selasa, 12 Agustus 2008, rubrik Celoteh

Cara Praktis Perawatan Vagina dan Obat Keputihan
Izin POM Crystal X - NA 18111600004




Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Silakan mengisi komentar atas posting yang telah Anda baca. Harap tidak melakukan SPAM atau menggunakan kata-kata kotor, jorok, menyinggung SARA, dsb. Terima kasih :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...