Keputihan Ketika Hamil

Keputihan Patologis Ketika Hamil

Untuk dapat Mencegah dan Mengobati keputihan, kita harus tahu dulu keputihan jenis apa yang sedang kita derita. Karena ada Keputihan psikologis yang merupakan keputihan yang alami yang diderita para wanita. Keputihan jenis ini terjadi karena metabolisme dalam tubuh wanita. Keputihan pada wanita yang normal, pasti jenisnya termasuk keputihan psikologis.

Jika merasa gatal pada vagina anda dan berbau tidak sedap vagina tersebut serta warnanya agak kecoklat-coklatan, ada kemungkinan Keputihan yang dialami wanita tersebut merupakan keputihan patologis. Tentu saja keputihan patologis ini perlu diobati Yang namanya keputihan patologis atau keputihan karena adanya jamur atau kuman dalam wilyah vagina dan daerah dalam vagina atau kemaluan wanita.

Keputihan pada wanita yang bersifat fisiologis sering terjadi pada saat ovulasi (masa subur), hal itu wajar. Pada saat masa subur wanita mengeluarkan banyak lendir itu normal, begitu juga pada wanita hamil yang mengalami gejala keputihan fisiologis.

Hal yang harus sangat diperhatikan, terutama pada keputihan patologis (karena penyakit) yaitu, apakah keputihan tersebut ada hibungannya dengan infeksi yang sering menyerang wanita, yaitu infeksi jamur. Jamur itu berwarna putih dan gatal. Keputihan patologis biasanya warnanya seperti susu, atau hijau kekuning-kuningan, atau bahkan bercampur darah, kalau keputihan sudah menjadi penyakit, wanita yang mengalami keputihan patologis ini akan merasakan gatal pada daerah vagina dan lendir yang keluar berbau tidak sedap.

Bila keputihan menimbulkan bau tidak sedap serta timbul gejala nyeri di perut, maka harus diidentifikasikan sebagai infeksi dalam panggul. Memang dalam kemaluan atau vagina wanita itu terdapat kuman (normal flora), tapi itu alamiah dan memang tempatnya di sana. Jadi nggak perlu dibersihkan, dicuci apalagi disterilkan karena memang kuman itu sudah semestinya hidup di sana dan ada takaran tertentu yang membuatnya tidak berbahaya.

Namun untuk keputihan patologis, bisa terjadi akibat jamur dan kuman tertentu, pada saat kekebalan tubuh menurun dan tingkat kelembaban vagina anda tinggi bisa menyebakan jamur tumbuh subur. Terlalu banyak menggunakan pembersih dan terjadi perubahan Ph pada vagina justru memudahkan terjadinya infeksi.

Banyak hal lainnya sebenarnya yang membuat wanita rawan terkena keputihan patologis. Biasanya keputihan patologis itu adalah karena kuman penyakit. Di dalam vagina bukan tempat yang steril, berbagai macam kuman ada di situ. Flora normal di dalam vagina membantu menjaga keasaman Ph vagina, pada keadaan yang optimal.

Ph vagina seharusnya antara 3,5 - 5,5. Flora normal ini bisa tergangu, misalnya karena pemakaian antiseptik untuk daerah vagina bagian dalam. Ketidakseimbangan ini mengakibatkan tumbuhnya jamur dan kuman-kuman yang lain, padahal adanya flora normal dibutuhkan untuk menekan tumbuhan lain untuk tidak tumbuh subur. Kalu keasaman dalam vagina berubah, maka kuman-kuman lain dengan mudah tumbuh.

Akibatnya bisa terjadi infeksi yang akhirnya menyebabkan keputihan yang berbau, gatal dan menimbulkan rasa sakit. Anda harus hati-hati dalam membersihkan vagina.

Dengan keterangan-keterangan di atas anda dapat memahami daerah sensitif anda, yaitu vagina anda dan dapat menjaga vagina anda dengan baik sehingga tidak mendapat penyakit keputihan patologis.

Semoga bermanfaat!

Sumber: http://fobwookie.wordpress.com

Cara Praktis Perawatan Vagina dan Obat Keputihan
Izin POM Crystal X - NA 18111600004

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Silakan mengisi komentar atas posting yang telah Anda baca. Harap tidak melakukan SPAM atau menggunakan kata-kata kotor, jorok, menyinggung SARA, dsb. Terima kasih :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...