Konsultasi Sexologi dr.Boyke: LENDIR HAID

Konsultasi Sexologi dr.Boyke: LENDIR HAID

Tanya dr Boyke : Lendir Haid
Saya perempuan berusia 28 tahun dan belum menikah. Sejak dua tahun terakhir ini, setiap kali selesai haid, saya kerap mengalami keputihan dengan lendir kental berwarna kehitaman. Apakah itu pertanda haid saya belum selesai atau sudah? Mengapa terjadi hal tersebut. Apakah ada penyakit dalam rahim saya? Apa yang saya harus lakukan? Saya berharap persoalan ini bisa diselesaikan dengan minum obat oral saja, tanpa perlu ke dokter.

Dok, apakah persoalan yang saya hadapi ini dapat mempengaruhi kesuburan. Oh ya bagaimana mengetahui bahwa seorang wanita itu subur dan berpeluang memperoleh anak dengan perempuan dengan bakat mandul secara kasat mata. Kalau masalah ketidaksuburan ini bisa diperbaiki sejak dini, apakah ada treatment khusus untuk itu. Soalnya saya menilai kesuburan ini penting bagi perempuan, terutama saya yang sangat suka anak-anak. Trims dok.

Ibu LB by Email

BACA JUGA:
 dicerai karena miss v bau ikan asin
Jawab dr Boyke :
Lendir kehitaman adalah sisa-sisa dari haid yang tidak terbawa keluar pada saat hari-hari pertama haid, dan ini adalah hal yang wajar saja. Flek-flek hitam yang mengiringi setelah selesai haid, jika dalam beberapa hari tidak juga berhenti, apalagi jika tumbuh rasa sakit.

Keputihan yang keluar setelah selesai haid juga merupakan hal yang wajar, karena saat itu mulai terjadi peningkatan hormon estrogen dan progesteron dalam rangka pembentukan dinding dalam rahim (endometrium), karena kedua hal ini normal saja maka tidak akan mengganggu kesuburan anda.

Mengetahui kesuburan atau mengetahui organ reproduksi wanita sehat tidak bisa dilihat secara kasat mata, namun melalui serangkaian pemeriksaan seperti HSG (histerosalpingografi) untuk mengetahui apakah saluran telur tersumbat, USG (ultrasonografi) untuk mengetahui adakah kista, myoma, serta pemeriksaan darah untuk menilai apakah ada infeksi virus atau tidak.

Jika ada masalah biasanya bisa diobati sebelum menikah. Untuk mengetahui apakah organ reproduksi anda bermasalah, bisa dilakukan pemeriksaan premarital check up.

Sumber : Suara Karya - Kumpulan Konsultasi SEX Dengan Dokter Boyke

Kembali ke index dokter Boyke
 Konsultasi dr Boyke