MENOPAUSE PRIA – Tanya Jawab Dokter Boyke

MENOPAUSE PRIA – Tanya Jawab Dokter Boyke

Tanya dr Boyke : Menopause Pada Pria
Saya pria berusia 50 tahun memiliki dua anak yang sudah beranjak dewasa. Dok, saya sering membaca di majalah kesehatan soal menopause yang katanya banyak menyerang perempuan usia di atas 50 tahun. Apakah menopause ini juga dialami kita, kaum pria? Usia berapakah kaum pria mulai mempersiapkan diri untuk mengalami menopause?

Apakah menopause pada pria itu gejalanya sama dengan menopause pada wanita? Seperti apa ya dok, gejalanya dan bagaimana solusinya? Soalnya, beberapa tahun depan, usia saya sudah lebih dari 50 tahun. Apa yang harus saya lakukan agar terhindar dari menopause? Apalagi saya jarang sekali berolah raga karena waktunya habis untuk pekerjaan.

Boleh tahu dok, apa bahaya selanjutnya bila saya mengabaikan gejala menopause? Apa kondisi terberat yang bakal saya alami bila mengabaikan menopause? Saya tunggu jawabannya dok.

Bpk JP - Cileduk, Jakarta Selatan

BACA JUGA:
 dicerai karena miss v bau ikan asin
Jawab dr Boyke :
Menopause pada pria dikenal dengan andropause. Biasanya gejala andropause menyerang pria di atas usia 50 tahun dengan gejala-gejala cepat lelah, sulit berkonsentrasi, mudah tersinggung, dan gairah kemampuan seks mulai berkurang (disfungsi ereksi). Untuk itu, bila gejala-gejala tersebut datang terutama jika ada gairah yang menurun, segera hubungi dokter.

Andropause tidak bisa dihindarkan karena hal tersebut merupakan proses yang alami seiring dengan proses penuaan. Yang bisa dilakukan para pria adalah mengurangi gejala tersebut dengan cara tetap memelihara pola hidup sehat (makanan yang bergizi, olah raga, me-manage stress dengan baik, hindari rokok dan minuman keras).

Penelitian menunjukkan bahwa olah raga yang cukup dapat memperlambat datangnya gejala-gejala andropause. Memang, andropause tidak usah terlalu dipikirkan. Santai saja, toh setiap pria akan mengalami masa itu. Ok.

Sumber : Suara Karya - Kumpulan Konsultasi SEX Dengan Dokter Boyke

Kembali ke index dokter Boyke
 Konsultasi dr Boyke