Pencegahan Kanker Leher Rahim (Cervical Cancer) dengan IVA.

Pencegahan Kanker Leher Rahim Serviks dengan IVA.

Inspeksi Visual dengan Asam asetat (IVA) adalah skrining yang dilakukan dengan memulas serviks menggunakan asam asetat 3-5% dan kemudian diinspeksi secara kasat mata oleh tenaga medis yang terlatih.

Setelah serviks diulas dengan asam asetat, akan terjadi perubahan warna pada serviks yang dapat diamati secara langsung dan dapat dibaca sebagai normal atau abnormal.

Screening dengan IVA dilakukan dengan mengoleskan asam asetat lima persen pada leher rahim. Dokter akan menunggu selama 30 sampai 60 detik untuk melihat reaksi leher rahim. “Jika ada lesi prakanker, bagian yang terkena olesan asam asetat tersebut akan berubah warna menjadi putih, namun jika normal, tidak ada perubahan warna,” ujar ahli patologi klinik, dr Richard Kosasih SpPK, memaparkan.

BACA JUGA:
 dicerai karena miss v bau ikan asin

Selain itu, papsmear konvensional dilakukan oleh dokter dan tenaga ahli dengan mengambil sampel sel leher rahim menggunakan bantuan pengerik atau sikat. Sampel kemudian dioleskan ke gelas slide untuk dikirimkan ke laboratorium. Dokter patologi kemudian akan memeriksanya dengan bantuan mikroskop.

“Tujuannya untuk mengetahui ada atau tidaknya radang, infeksi atau perubahan sel kearah keganasan,” kata Richard.

Untuk pemeriksaan sitologi cairan, dokter atau tenaga ahli akan mengambil sampel dari leher rahim. Sampel lalu dimasukkan ke vial atau botol yang berisi cairan.

Sel-sel sampel segera dikirim ke laboratorium. Sampel dibuat menjadi slide dan diwarnai dengan pewarna khusus sehingga sel-sel tersebut menjadi lebih jelas. Preparatnya berupa irisan tipis. Lapisan tipis ini memungkinkan sel-sel terlihat lebih jelas sehingga mengurangi kesalahan interpretasi hasil.

Bagaimana dengan pemeriksaan DNA-HPV? Richard menjelaskan metode yang dipakai, yaitu hibridasi southern blot atau pemakaian polymerase chain reaction (PCR) yang sangat sensitif.

Sumber: republika.co.id

KEMBALI KE INDEX ARSIP
 Kembali ke kumpulan arsip KANKER SERVIKS