Konsultasi Sexologi dr.Boyke: SULIT EJAKULASI

Konsultasi Sexologi dr.Boyke: SULIT EJAKULASI

Tanya dr Boyke : Sulit Ejakulasi
Dok, saya duda yang baru menikah lagi setelah 2 tahun "kosong". Usia saya saat ini 42 tahun. Yang saya ingin tanyakan dok, saya jadi sering kesulitan untuk berejakulasi setelah melakukan hubungan seksual. Bahkan, hingga 30 menit setelah itu. Apakah saya normal dok?

Apakah kesulitan ejakulasi yang saya alami itu berhubungan dengan masa menduda saya selama dua tahun itu? Karena, selama menduda itu, saya nyaris tidak pernah berhubungan seks dengan perempuan.

Biasanya saya mengalihkan keinginan seksual dengan kesibukan bekerja dan berolahraga di malam hari. Karena, setelah berolahraga biasanya saya langsung tidur lelap hingga pagi. Kalaupun keinginan seksual itu tidak bisa dibendung lagi, saya biasanya melakukan onani.

Apakah ada cara alami untuk mempercepat proses ejakulasi? Karena, bila kondisi ini berlanjut, kasihan sekali istri saya yang terlihat kelelahan tetapi saya belum "selesai".

Bpk PH - Bumi Serpong Damai, Tangerang

BACA JUGA:
 dicerai karena miss v bau ikan asin
Jawab dr Boyke :
Memang, ejakulasi sangat dipengaruhi oleh faktor fisik dan faktor psikis. Kebiasaan mengontrol ejakulasi saat menduda bisa saja menjadi penyebab. Namun, kurang cukupnya rangsangan atau adanya penyakit gula, minum obat-obatan tertentu dapat pula menjadi penyebab lainnya. Di samping itu, pada pria yang takut istrinya hamil atau tidak menyintai istri, ejakulasi menjadi terhambat.

Saran saya, coba hubungi dokter urologi untuk mengetahui penyebabnya secara fisik. Jika semuanya normal, bukan tidak mungkin, faktor psikis-lah penyebabnya. Ok.

Sumber : Suara Karya - Kumpulan Konsultasi SEX Dengan Dokter Boyke

Kembali ke index dokter Boyke
 Konsultasi dr Boyke