KISTA INDUNG TELUR Tanya Jawab Sex dr.Boyke

KISTA INDUNG TELUR kista ovarium Tanya Jawab Sex dr.Boyke

Tanya dr Boyke : Kista Indung Telur
Dok, saya wanita usia 27 tahun dan sebentar lagi akan menikah. Saya memiliki masalah psikologis menjelang pernikahan ini karena saya tidak berani berterus terang soal penyakit yang saya derita kepada calon suami. Masalahnya, saya belum lama ini dideteksi menderita kista pada rahim. Saya bingung untuk mengobatinya, karena dokter menganjurkan saya untuk operasi, sementara saya takut untuk operasi.

Adakah cara lain untuk mengobati kista rahim, selain operasi? Lantas apakah ada makanan-makanan yang tidak boleh saya makan? Apakah benar kalau kista tidak diobati bisa membesar dan menjadi kanker? Lantas bagaimana caranya agar mencegah kista rahim saya tidak menjadi parah?

Apakah kista rahim yang saya derita bisa mempengaruhi hubungan intim suami istri, soalnya saya takut tidak bisa memuaskan suami. Saya juga khawatir kalau saat berhubungan intim di malam pertama saya akan terasa sakit karena kista itu, bagaimana ya dok? Apakah penderita kista rahim masih bisa memiliki anak dok?

Eli - Pasar Minggu, Jakarta

BACA JUGA:
 dicerai karena miss v bau ikan asin
Jawab dr Boyke :
Berbahaya tidaknya tergantung besar kista dan jenis kistanya. Bila lebih besar dari 5 cm biasanya dilakukan operasi, tapi bila kurang dari 5 cm, pengobatan dengan hormonal masih dapat membantu.

Kecil sekali kemungkinan kista berubah menjadi kanker, namun membesarnya kista akibat tidak diobati bisa saja. Untuk mencegah menjadi parah tentunya harus diobati. Kalaupun harus operasi tidak masalah. Operasi kista termasuk aman, sekaligus dapat memperbaiki kesuburanmu.Lagi pula, adanya kista tidak perlu menjadi penghalang untuk menikah. Berterus terang tentang penyakitmu pada calon suamimu, ok ok aja, saya yakin dia akan mendukung untuk berobat Hubungan intim suami isteri tidak terpengaruh oleh kista, kecuali kistanya besar sehingga mendorong rahim ke bawah. Penderita kista rahim masih memiliki peluang punya asalkan mau diobati.


Sumber : Suara Karya - Kumpulan Konsultasi SEX Dengan Dokter Boyke

Kembali ke index dokter Boyke
 Konsultasi dr Boyke