KEPUTIHAN - Konsultasi Sex Dokter Boyke

KEPUTIHAN - Konsultasi Sex Dokter Boyke

Tanya dr Boyke : Keputihan
Saya wanita usia 22 tahun dan sudah menikah dengan suami selama 1 tahun. Waktu masih tunangan, saya pernah dikuret dan pake alat kontrasepsi spiral selama 1 tahun. Tapi sekarang sudah tidak lagi, karena sering infeksi dan menyebabkan keputihan. Sampai sekarang ini saya sering keputihan bahkan hingga berbau tak sedap. Kata dokter itu disebabkan infeksi. Setelah sembuh, muncul lagi keputihan tapi tidak berbau, jumlahnya banyak, tetapi tidak gatal. Sering kali keputihan saya langsung periksa ke dokter, berbagai macam obat saya minum tapi, tidak sembuh-sembuh.

Kenapa saya sering keputihan, tidak berbau busuk tapi persis bau bawang merah, tidak gatal, banyak, warna kuning?

Sudah hampir 2 tahun saya terus keputihan hingga cape dan kehabisan biaya buat ke dokter, karena 3 bulan sekali saya harus ke dokter. Apa saya masih bisa punya anak?

Sering kali rahim sebelah kiri saya sakit hingga terasa pegal sampai kaki, ada apa ya dok? Saya harus bagaimana? Apa dengan Pap Smear segala sesuatu dapat diketahui atau dengan tes lab?

Ibu R di Jakarta

BACA JUGA:
 dicerai karena miss v bau ikan asin
Jawab dr Boyke :
Mungkin kamu terkena infeksi, coba konsultasi dengan dokter kandungan terdekat untuk diobati. Suami juga harus diobati, jika penyebabnya infeksi, biasanya keputihan akan berulang terus jika suami tidak diobati.

Rahim sakit kemungkinan terkena adnexitis kiri (infeksi saluran telur kiri) yang disebabkan keputihan yang menahun.

Obati infeksinya dengan tuntas, termasuk suami ibu. Pap smear hanya berguna untuk mendeteksi kanker mulut rahim, bukan untuk mengetahui keadaan organ reproduksi.

Sumber : Suara Karya - Kumpulan Konsultasi SEX Dengan Dokter Boyke

Kembali ke index dokter Boyke
 Konsultasi dr Boyke